Selasa, 20 September 2011

Perangkat Keras untuk Mengakses Internet

  • Jaringan internet adalah rangkaian komputer yang terhubung menerusi beberapa rangkaian. Internet adalah sistem komputer, yang saling terhubung secara global dan mengguknakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol).
  • Internet di kembangkan dengan nama ARPAnet (advanced Research Projects Agency) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, pada tahun 1969. ARPAnet dibangun dengan tujuan membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang diperkirakan rawan untuk dihancurkan bila terjadi peperangan.
  • Pada tahun 1980, ARPAnet di bagi menjadi 2 jaringan, yaitu ARPAnet dan Milnet. Milnet adalah jaringan militer, dimana keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi tetap dapat berjalan. Jaringan interkoneksi ini disbut dengan DARPA Internet, tetapi selanjutnya hanya disebut Internet.
  • Internet hanya bisa diakses dengan komputer mini dan mainframe. Setelah dibukanya layanan Usenet dan Bilnet, Internet dapat diakses melalui Personal Computer (PC). Protokol yang digunakan adalah TCP/IP dngan penggunaan DNS.
  • Tahun 1986, dibentuk National Science Foundation Network (NSFNET). NSFNET mulai menggantikan ARPAnet. ARPAnet dibubarkan pd bulan maret tahun 1990. sejak tahun 1988, internet tumbuh secara cpat dan berlipat ganda setiap tahunnya.
Tokoh-tokoh Perkembangan Internet:
Timothy Berners Lee adalah ilmuwan komputer yang menemukan dan mengembangkan jaringan internet World Wide Web(www). WWW adalah media bagi orang untuk dapat berbagi dokumen, gambar, film, musik dan informasi, serta menjual barang dan jasa, sekaligus tempat menaruh company profile perusahaan atau data pribadi. Apa yang diciptakan Tim Berners adalah seperangkat kode yang dinamai Hyper Text Markup Language (HTML), untuk mengatur tampilan pada halaman web. Sementara itu, halaman tersebut bisa diakses melalui Hyper Text Terminal Program (HTTP). 
  • Raymond Samuel Tomlinson
  • Raymond Samuel Tomlinson (lahir 1941, Amsterdam, New York) adalah seorang Insinyur  Komputer, Ray Tomlinson menemukan email berbasis internet akhir tahun 1971 di ARPAnet. Inovasi terbesar yaitu email (atau surat elektronik), kemampuan untuk mengirim pesan sederhana kepada orang lain melalui jaringan (1971). Ray Tomlinson bekerja sebagai insinyur komputer untuk Bolt Beranek dan Newman (BBN), perusahaan yang disewa oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk membangun internet yang pertama pada tahun 1968. Ia saat itu tengah mengerjakan program yang disebut SNDMSG (send message )yang memungkinan pengguna komputer yang sama bisa meninggalkan pesan satu sama lain. Atau sistem e-mail dengan jenis komputer tunggal. Penggunaan simbol @ sebagai petunjuk alamat sang pengguna e-mail. Simbol ini mewakili tempat dan hanyalah sebuah preposisi pada sebuah keyboard. Pesan email yang pertama adalah “QWERTYUIOP”. Pesan QWERTYUIOP dapat jadikan pesan bersejarah karena itu isi pesan pertama yang dapat dikirmkan lewat jaringan ARPANET yang berkembang sekarang menjadi jaringan internet.
  • Marc Andreesen dan Eric bina
Marc Andreessen, Helped develop Mosaic and Netscape 
Marc Andreesen bersama dengan Eric Bina menciptakan web browser mosaic yang sudah menggunakan GUI, yaitu sarana interaksi antar pengguna dan komputer yang berupa tampilan gambar.
  • Jimmy Wales
Banyak pengunjung online menganggap ensiklopedi Internet Wikipedia sebagai penghentian pertama dan terakhir dalam pencarian sebuah topik. Konten yang dihasilkan penggunanya menjadi sangat dapat diandalkan sehingga majalah Nature mendeklarasikannya sebagai "sumber yang hampir seakurat [Encyclopedia]." Situs tersebut dikutip sebagai sumber informasi dalam lebih dari 100 keputusan pengadilan di AS sejak 2004. Tetapi popularitasnya juga menjadikan Wikipedia sebagai target oleh para spammer, kasusnya sangat banyak sehingga Wikipedia untuk sementara waktu memblokir akses dari seluruh negara Qatar untuk aksi pengeditan. Untuk menggagalkan usaha spammer, Wales putuskan penghapusan tag "nofollow" pada link eksternal, memberitahukan mesin pencari untuk mengacuhkan link dalam mencegah peningkatan buatan terhadap peringkat mesin pencari target link ini. Strategi ini menjamin keunggulan Wikipedia bahwa pencarian akan terus meningkat. Tetapi Wikipedia hanyalah langkah awal Wales. Ia juga meluncurkan mesin pencari pribadi bernama WikiSeek yang melakukan pencarian terhadap situs-situs yang disebutkan dalam Wikipedia.

  • Jack Ma
Didirikan oleh Jack Ma pada 1999, e-marketplace business-to-business yang sangat sukses ini adalah tempat online terbaik untuk bertemu dengan pihak-pihak dan memasarkan tawaran proposal dan produk. (Ma dikutip ketika mengatakan bahwa perusahaan itu mendapatkan kesuksesannya sejak ia diculik di Malibu dan muncul keadaan di mana ia harus membantu penahannya memulai bisnis di China.) Pada tahun 2005, Yahoo membuat investasi bernilai miliaran pada Alibaba yang saat ini menjalankan Yahoo China. Perusahaan itu sekarang terperosok dalam skandal, ketika menyediakan informasi penyebab penahan seorang wartawan China akibat pembongkaran rahasia negara.
  • Kevin Rose
Semua orang yang memiliki cerita di jaringan Web ingin agar user Kevin Rose "menggalinya." Mantan pembawa acara TechTV (dan kolega Leo Laporte—lihat nomor 47) mendirikan Digg.com pada 2004, menghadirkan kekuatan jaringan sosial untuk bidang pemberitaan. Algoritma Digg mungkinkan user mengajukan berita kesukaan mereka dan memilihnya. Ekspansi Digg hingga ke luar berita teknologi hingga kategori berita mainstream pada Juni 2006 mendorong BusinessWeek memilih gambar Rose yang terlihat bodoh pada bagian depan bersama dengan estimasi penawaran dengan alis mata yang naik sebesar USD 60 juta. Entah Rose seorang multi jutawan atau bukan, situsnya ternyata hanya memiliki sedikit pengaruh dalam jaringan Internet.
  • Mike Schroepfer
Dalam kelangsungan perang browser, Mike Schroepfer adalah jenderal bintang lima yang memimpin raksasa tentara open-source tetapi secara desentral yang terdiri dari para anggota dan relawan insinyur. Misinya: mengimprovisasikan Web browser terbaik di dunia, Firefox. Lingkungan open-source Firefox mungkinkan siklus pengembangan yang lebih cepat untuk pengintegrasian fitur baru dan keamanan tambahan. Verifikasi kesuksesannya adalah adopsi Internet Explorer 7 terhadap fitur FireFox seperti tabbed browsing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar